Jumat, 08 Maret 2013

Pemanfaatan limbah plastik dan kertas


Pemanfaatan limbah plastik untuk keterampilan yang diintegrasikan dalam materi IPA dan Kewirausahaan

Seperti kita ketahui bersama, bahwa sampah plastik sukar terurai oleh tanah. Perlu ada tindakan agar sampah plastik tidak terbuang begitu saja. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan limbah plastik untuk ketrampilan yang di intregrasikan dalam materi IPA dan Kewirausahaan. Pemanfaatan limbah plastik sudah kami lakukan agar sampah plastik tidak sampai masuk dalam tanah karena sampah ini sukar teruai atau bahkan bisa mencemari tanah. Kami memanfaatkan limbah plastik untuk kerajinan atau barang yang bernilai jual.
Sosialisasi
SMKN 1 Pungging telah berhasil mengurangi pemakaian plastik di sekolah. Namun ini tidak berlangsung cepat, karena di dalamnya terdapat proses panjang untuk mempengaruhi dan mengajak warga sekolah untuk tidak menggunakan plastik. Setiap hari jumat dan setelah upacara hari senin, selau ada himbauan dan sosialisasi untuk siswa agar mengurangi pemakaian sampah anorganik. Apabila sampah plastik masih ada, kami berupaya untuk memanfaatkan sampah tersebut menjadi kerajinan atau barang yang bisa di gunakan kembali. Kegiatan sosialisasi terus dilakukan agar semua warga sekolah semakin peduli dengan lingkungan di sekolah.

Pemanfaatan limbah kertas

Untuk melakukan agar sampah kertas tidak terbuang begitu saja. Maka perlu dilakukan suatu tindakan. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah pembuatan daur ulang kertas yang diintegrasikan dalam materi IPA. Tidak hanya itu kami juga melakukan pembuatan keterampilan dari kertas yang dintegrasikan dalam materi kewirausaan. Kami memanfaatkan limbah kertas untuk kerajinan atau sesuatu yang bernilai jual.
Lomba Pemanfaatan limbah kertas
Untuk mengurangi limbah kertas yang merajalela, kami melakukan suatu kegiatan yang sangat membantu siswa untuk mengekspresikan kreasinya yaitu dengan diadakannya lomba pemanfaatan limbah kertas. Lomba pemanfaaatan limbah kertas tersebut diadakan setiap 6 bulan sekali. Manfaat diadakannya lomba tersebut yaitu membantu siswa untuk menuangkan kreasinya, mendidik siswa agar tahu tentang bahayanya limbah kertas, melatih siswa agar tidak memanfaatkan kertas sembarangan.
Sosialisasi untuk hemat kertas
Perlu kita ketahui bahwa di sekolah itu banyak sekali terdapat sampah kertas yang dihasilkan oleh para siswa karena sebagian besar kegiatan di sekolah menggunakan kertas. Maka dari itu, kami selalu memberikan sosialisasi kepada warga sekolah terutama pada siswa. Tidak hanya itu kami juga melakukan sosialisasi kepada warga sekitar. Sosialisasi hemat kertas ini sangat bermanfaat sekali karena perlu kita tahu, bahwa sama halnya dengan plastic, kertas juga sulit terurai dalam jangka waktu yang relatif lama. Untuk itu perlu dilakukan hemat kertas.

1 komentar: